Sunday, November 14, 2010

Pengertian Surfing,Browshing & E-mail

BROWSING
Pengertian browsing menurut total.or.id adalah berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser, software untuk berselancar. Sedang di wikipedia berbahasa indonesia saya tak dapat menemukan pengertian istilah tersebut. Jadi saya coba mencarinya di yahoo! answer dan menemukan browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing. Atau dapat juga diartikan seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari istilah dll. Secara spesifikasi Browsing itu adalah menjelajahi dunia maya dengan menggunakan alamat yang ingin kita cari, misalnya : yahoo.com.

SEARCHING
Searching berarti pencarian suatu situs yang belum kita ketahui secara pasti alamat yang dimiliki. Dalam melakukan searching biasanya kita gunakan search engine sebagai mesin pembantu dalam pencarian situs tersebut.
Search engine adalah sebuah fasilitas (web) yang bisa mencari links dari situs lain. Ada berbagai macam search engine yang bisa kita gunakan dalam searcing, yaitu ; yahoo, google, altavista, lycos, astaga, msn, dan lain sebagainya. Disini akan dijelaskan bagaimana cara searcing melalui beberapa
search engine yang pada umumnya dipakai yaitu dengan menggunakan google dan yahoo.

Electronic Mail
Electronic Mail atau Surat Elektronik ( disingkat e-mail ) merupakan sumber daya Internet yang paling banyak digunakan. Pengiriman surat secara elektronis jauh lebih efisien daripada pengiriman surat melalui pos, karena dapat sampai ke alamat penerima dalam waktu yang sangat singkat sehingga memungkinkan si penerima mengirimkan balasan terha¬dap surat yang diterimanya dalam waktu yang singkat pula.Layaknya sebuah surat, maka e-mail terdiri dari 3 bagian yaitu header (kepala surat), isi pesan dan tanda tangan (Sig).
Header merupakan pesan e-mail yang digunakan oleh program e-mail dan terdiri dari beberapa “fields”, yaitu :
- from, berisi alamat pengirim e-mail
- to, berisi alamat penerima e-mail
- date, berisi hari,tanggal dan jam pengiriman pesan
- message id, berisi id yang digunakan oleh program e-mail
- subject, berisi pokok dari pesan e-mail
Isi pesan merupakan bagian e-mail yang berisi pesan-pesan yang ditulis oleh si pengirim Tanda tangan (Sig), dapat berupa gambar dari simbol karakter ASCII, nama dan alamat serta nomor telepon atau fax si pengirim. Program untuk menjalankan e-mail dapat diperoleh mela¬lui penyelenggara Internet, dan yang banyak dipakai saat ini antara lain : Eudora, Lotus cc:Mail atau Microsoft Mail.

Sumber: Kuliah OnLine

No comments:

Post a Comment